Artificial Intelligence

Balik lagi nih sama gw, sorry jarang upload belakangan ini, lagi ada kesibukan lain hehehe, ya kali ini gw mau bahas tentang Artificial Intelligence(AI) atau indonesianya itu Kecerdasan buatan, anjay keren kan cerdas dibuat bukan dari sananya, yok langsung aja.

Pengertian Kecerdasan Buatan
    Kecerdasaran buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan ke dalam suatu sistem teknologi, diatur dan dikembangkan dalam konteks ilmiah, bentukan dari entitas kecerdasan yang ada.
    Ada juga penjelasan menurut wikipedia yaitu kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial, atau hanya disingkat AI(Artificial Intelligence), didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.
     Sedangkang menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”.

    Jadi Mana yang bener pengertiannya? semua benar jadi intinya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence(AI) adalah kecerdasan yang dimasukin kedalam teknologi untuk membantu manusia. Hal yang cukup menarik dari AI adalah ia mampu melakukan selfcorrection atau mengoreksi diri sendiri. Jika kamu pernah mendengar ungkapan AI “Jika aku tidak pernah menang, maka setidaknya aku tidak boleh kalah” sedikit ngeri juga ya. AI memang diprogram untuk itu terus belajar dan membenahi diri sendiri dari kesalahan yang pernah dibuatnya.

Sejarah Kecerdasan Buatan
    Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram. Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk jaringan saraf.

    Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.

    Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan saraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadang kala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.

    Pada tahun 1980-an, jaringan saraf digunakan secara meluas dengan algoritme perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan saraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model jaringan saraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali algoritme pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritme ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS. Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

Tujuan Kecerdasan Buatan

  • membuat mesin lebih pintar
  • memahami kecerdasan
  • membuat mesin lebih berguna
  • mengurangi waktu kerja sehingga kegiatan bisa menjadi lebih efisien
  • menggunakan kecerdasan buatan, manusia akan menjadi lebih mudah dalam melakukan suatu kegiatan dan mengambil sebuah keputusan
  • membuat waktu pengerjaan suatu pekerjaan menjadi jauh lebih cepat

Kelebihan dan kekurangan Kecerdasan Buatan

  • Kelebihan
  1. Mengurangi Kesalahan
        Mesin mengambil keputusan yang tepat bergantung pada data masa lalu yang mereka kumpulkan setelah beberapa waktu saat menerapkan kumpulan algoritme tertentu.  
  2. Selalu tersedia
        Mesin dapat bekerja tanpa henti tanpa jeda dan tidak kelelahan melakukan hal yang sama lebih dari sekali, berbeda dengan manusia.
  3. Menangani pekerjaan yang berulang
        Dengan menggunakan kecerdasan buatan maka dapat secara produktif mengotomatiskan tugas-tugas dan membebaskan manusia untuk semakin kreatif.  Pekerjaan berulang ini dapat dengan mudah ditangani dengan bantuan algoritma AI.
  4. Tanpa resiko
        Dengan mengembangkan robot AI yang dapat melakukan operasi berisiko. Tugas-tugas yang dapat menimbulkan bahaya bagi manusia dapat terbayar dengan baik saat mesin mulai bekerja.
  5. Bantuan Digital
        Beberapa organisasi progresif sangat mendukung penggunaan asisten digital untuk berinteraksi dengan pengguna sehingga menghemat kebutuhan sumber daya manusia.  Seseorang dapat mengobrol dengan mereka tentang apa yang kita cari.  Beberapa sistem asisten digital dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi sulit untuk menentukan apakah kita sedang mengobrol dengan manusia atau chatbot.
  • Kekurangan
  1. Mahalnya biaya pembuatan
        Membuat mesin yang dapat meniru logika dan penalaran manusia membutuhkan banyak sumber daya dan waktu, menjadikannya mahal dari jenis mesin lain.
  2. Mengurangi pekerjaan untuk manusia
        Kebutuhan akan gangguan manusia berkurang dengan penggunaan mesin berkemampuan AI yang menyediakan pekerjaan bebas kesalahan dan bebas risiko.  Mesin juga membawa serta kecepatan dan akurasi, yang membunuh banyak peluang kerja dan pilihan pekerjaan yang dulu pernah ada.
  3. Tidak memiliki emosi
        Mesin tidak dapat terikat dengan orang, karena mereka tidak memiliki perasaan atau kasih sayang.  Sementara AI dan NLP telah membantu mereka menyiapkan pendahuluan bantuan pelanggan melalui sistem obrolan yang diberdayakan oleh bot, mereka membutuhkan darah dan daging manusia untuk campur tangan pada satu titik untuk menyelesaikan masalah yang sedang berlangsung.
  4. Tidak ada kreativitas
        Mesin dapat melakukan hanya tugas-tugas yang direncanakan atau dimodifikasi untuk dilakukan, apa pun di luar itu;  mereka akan jatuh atau memberikan hasil yang berlebihan yang bisa menjadi latar belakang yang signifikan.
  5. Tidak mengerti etika
        Komponen manusia lain yang sulit dipadukan di dalam mesin – etika.  Moralitas tidak ada dalam mesin, dan juga menantang untuk merencanakan dan meneruskan melalui teknologi.  Kecerdasan Buatan dapat membantu organisasi dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas yang berulang, tetapi mengantisipasi bahwa mesin harus mengikuti kualitas moral sama ambigu dengan penggambaran gambar di atas air.

Jenis - Jenis kecerdasan buatan

  1. Reactive Machines
        Ini adalah mesin yang tidak menyimpan kenangan atau pengalaman masa lalu.  Ini bersifat ‘reaktif’ yang bereaksi terhadap skenario saat ini.
  2. Limited Memory
        Mesin Limited memory tidak bisa membangun memory atau “belajar” dari pengalaman masa lalu.
  3. Teory of Mind
        Jenis ini mencakup pembelajaran mesin yang mencoba meniru seluruh dunia fisik – manusia, makhluk, benda – segala sesuatu yang dapat berpikir dan memiliki emosi.
  4. Self-awareness
        Ini adalah tipe di mana mesin akan memiliki sistem yang memungkinkan mereka menjadi sadar diri.

Contoh Kecerdasan Buatan

  1. Search Engine
        Search Engine adalah bukti atau contoh kecerdasan buatan yang paling membantu manusia, yaitu mesin penelusuran seperti google, bing, yahoo dan yang lainnya, kepintaran itu dihasilkan melalui kontribusi dari masyarakat dunia yang saling share pengetahuan mereka melalui tulisan atau artikel. AI pada search engine terletak pada sistem dalam mempelajari kebiasaan para penggunanya. Biasanya AI akan memberikan berita atau informasi kepada pengguna sesuai dengan kebiasaan mereka saat mencari informasi.
  2. Fitur Selfie
        Fitur Selfie saat ini masuk kedalam kecerdasan buatan karna dalam fitur selfie saat ini memiliki pemindai wajah dan memberikan filter pada wajah tersebut, dan ada juga filter yang menebak usia wajah kita ataupun menebak bagaimana wajah kita saat tua, Fitur tersebut menggunakan teknologi kecerdasan buatan berupa deteksi wajah, kualitas, dan warna.
  3. GPS
        GPS atau Global Positioning System merupakan teknologi yang tergolong rumit. Teknologi pintar yang satu ini menggunakan big data dalam proses pembuatannya. GPS dapat mendeteksi jalanan yang sedang macet atau lancar dengan simbol berwarna. Kamu akan diberikan berbagai opsi rute tercepat serta terhindar dari kemacetan. Layanan GPS lainnya yang menggunakan kecerdasan buatan adalah fitur melihat posisi di dunia secara real 3 dimensi.
  4. Internet Marketing
        Memasarkan sebuah produk atau jasa melalui daring sangat memudahkan para pengusaha agar barangnya terjual dengan cepat. Pengusaha online shop tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar karyawan dalam menjualkan barang. AI akan bekerja untuk memberikan iklan kepada user berdasarkan riwayat atau rekam jejak pengguna.
  5. Pemindai Sidik Jari
        Pemindai Sidik Jari adalah sebuh sistem yang dapat menyimpan dan memindai sidik jari manusia yang berbeda-beda, hanya dengan meletakan jari pada pemindai data akan langsung muncul pada layar. Bahkan dalam gadget saat ini memiliki fitur kunci sidik jari, hanya dengan menyentuh sidik jari kita pada gadget kita maka gadget kita langsung terbuka, hal ini sangat meningkatkan kemanan gadget kita, karna setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda. Fitur tersebut menggunakan teknologi kecerdasan buatan berupa deteksi sidik jari.

Banyak Juga ya hal tentang AI ini, gapapa lah informasi nih, biar ga nanggung gitu informasinya, ya walau mungkin ada yang kurang, gapapa lah ya maaf..oke sekian, tunggu tunggu konten berikutnya..jangan lupa share ya, ahh iya sekarang bisa komen juga, jadi jangan lupa komen ya request mau konten apa berikutnya, thanks all, wish all the best for my readers ^^. Bye bye

Anu