Pekerjaan yang tergantikan oleh teknologi

    Balik lagi nih sama gw, sorry ya jarang banget post informasi menarik, kali ini gw bakalan ngasih tau pekerjaan apa aja sih yang ilang dan akan hilang atau berkurang akibat teknologi, tenyata banyak juga loh pekerjaan yang digantiin sama teknologi entah itu robot atau lainnya, mungkin kita ngerasa teknologi bantuin kita tapi teknologi juga ada yang menghilangkan pekerjaan, jadi biar pekerjaan lu ga hilang sama teknologi lu harus lebih pinter dari teknologi, jadi teknologi itu ada buat bantu lu bukan buat ngehabisin pekerjaan lu, anjay, yuk lanjut aja

  • Pengantar Surat
        Dulu banyak sekali orang yang berpropesi menjadi pengantar surat, jadi pekerjaan orang tersebut mengantarkan surat-surat entah itu surat penting, surat untuk teman, surat untuk pekerjaan atau percintaan, orang-orang ini menghampiri rumah, kantor, perusaan, hanya untuk mengantarkan surat. Tetapi sekarang pengantar surat sudah mulai berkurang cukup banyak, karna teknologi yang ada saat ini yaitu seperti elektronik mail atau e-mail, dan ada juga media sosial yang dapat menjangkau seluruh dunia, sehingga kita tidak perlu repot lagi menulis surat dan menuju kantor pos atau kotak pos untuk mengirimkan pesan ke orang lain, sekarang cukup dengan jari mengetik keyboard di laptop, hp maupun komputer dan kita dapat memberikan pesan kepada orang lain dengan mudah .
  • Pustakawan
        Pada masa ini kita jelas lebih sering membaca materi melalui teknologi seperti e-book, entah itu dari internet ataupun dari aplikasi-aplikasi yang menyediakan e-book, sehingga pekerjaan pustakawan ini mulai berkurang, karna manusia lebih menyukai membaca dari internet tanpa perlu datang ke perpustakaan yang aksesnya terkadang sulit karna letaknya yang jauh, sedangkan e-book dapat dibaca dimana saja dan kapan saja oleh kita, hal ini lah yang menyebabkan pengurangan tenaga kerja pada pustakawan.  
  • Tukang Parkir
        Saat ini mungkin masih banyak dari kita yang menemukan tukang parkir entah itu di minimarket ataupun tempat lainnya, tetapi tukang parkir juga salah satu pekerjaan yang berkurang akibat dari teknologi. Tempat parkir saat ini sudah otomatis menggunakan karcis dan palang otomatis, sehingga pekerjaan keamanan ini mulai berkurang, dan saat ini mengambil karcis hanya perlu memencet tombol atau dengan mendekatkan tangan pada sensor, tidak perlu lagi ada orang yang menjaga tempat parkir tersebut.
  • Teller Bank
        Kemajuan teknologi saat ini mempermudah transaksi keuangan tanpa harus berkunjung ke bank.  Sebagian besar sudah memberikan layanan secara online untuk transaksi perbankan mereka. Nasabah tidak perlu lagi datang dan mengantri untuk melakukan layanan keuangan. Untuk melakukan setor tunai pun sekarang sudah ada ATM setor tunai. Bahkan untuk membuka rekening baru, beberapa bank menyediakan layanan secara daring. Layanan transfer juga bisa dilakukan dengan mobile banking atau melalui ATM.
  • Telemarketing
        Telemarketing mungkin sangat mengganggu bagi sebagian orang karna menganggu, kasus penipuan hingga pencurian database, sebenernya pekerjaan ini akan hilang dimasa depan karna adanya kemajuan teknologi seperti pemasaran jarak jauh menggunakan e-mail. Tidak ada prediksi mengenai kapan dan bagaimana penggantian telemarketing menjadi kombinasi teknologi dan robot.
  • Supir
        Salah satu pekerjaan yang sangat banyak saat ini adalah supir, dan pekerjaan mereka terancam hilang dimasa yang akan datang akibat perkembangan teknologi. Bahkan saat ini sudah ada kendaraan otomatis yang membuat para perusahaan kendaraan berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan otomatis yang dapat berkendara sendiri tanpa harus di kendalikan oleh manusia, hal ini mungkin meresahkan bagi banyak orang tetapi ada juga yang merasa terbantu dengan adanya kendaraan otomatis.
  • Kasir
        Kasir juga masuk ke propesi yang berkemungkinan hilang dimasa depan, karna saat ini udah ada sistem pembayaran self check out stations pada beberapa toko besar, walau tetap ada manusia yang bekerja sebagai pengawas teknologi ini tetapi pada kasir pun sudah mulai tergantikan dengan mesin, dengan sistem pembayaran ini kita akan merasa seperti berbelanja online melalui salah satu market place online. Semua kegiatan benar-benar ditentukan oleh kehendak Anda sendiri tanpa harus berdesak-desakan untuk mengantri.
  • Agen Travel
        Saat ini sudah banyak aplikasi pesanan online sehingga kita tidak perlu lagi menuju ke agen travel. Munculnya aplikasi-aplikasi ini perlahan akan membuat masyarakat menjadi lebih nyaman saat langsung memesan sendiri tiket atau hotel yang hendak dipesan. Selain lebih aman, transaksi melalui aplikasi juga dinilai terbebas dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Adanya hal ini lambat laun, pekerjaan sebagai agen travel dapat perlahan-lahan tergantikan oleh teknologi.

Ya kira kira segitu sih yang baru gw tau, pasti ada yang tau lebih banyak, inget ya cari materi jangan hanya dari satu sumber tapi dari banyak sumber untuk menambah wawasan  kita, terimakasih yang udah mampir baca, yang mau request konten/materi apa berikutnya tinggal komen dibawah aja, jangan lupa share ke temen temen kalian biar temen kalian juga dapet wawasan yang sama seperti kalian, anjay bijak, wish all the best for my readers ^^. Bye bye

Anu